![]() |
Para awak U-476 berfoto bersama di pangkalan Kriegsmarine Kiel, 28 Mei 1943 |
Pada tanggal 24 Mei 1944 arah Baratlaut Trondheim jam 07:16 pagi, sebuah pesawat 210 SQN Catalina Grp CC RAF (dengan kaptennya F W L Maxwell SAAF) melihat sebuah U-boat yang sedang muncul di permukaan. Saat itu pesawat tersebut sedang dalam patroli rutinnya menyusuri samudera, dan memang dikhususkan untuk menangkal ‘bergentayangannya’ U-boat-U-boat Jerman.
Pesawat Catalina tersebut segera mendekat untuk menyerang. U-boat tersebut segera menghujani sang penyerang dengan berondongan peluru dari senapan mesin anti pesawat udara (flak) yang terpasang di badan kapal selam. Sayangnya, Maxwell tetap berhasil menjatuhkan 6 buah bom anti kapal selam D/Cs. Tak lama U-476 berputar tanpa dapat dikendalikan untuk kemudian secara perlahan tenggelam, dengan bagian haluannya yang paling terakhir karam ke dasar samudera.
Segera dua buah U-boat yang lokasinya paling dekat dengan peristiwa datang untuk misi penyelamatan. Mereka adalah U-990 dan U-276. Usaha keras mereka lumayan membuahkan hasil, dan 21 orang awak U-476 berhasil diselamatkan, termasuk sang kapten Oberleutnant zur See Otto Nietmann (meskipun 34 sisanya tenggelam bersama kapal mereka). Untuk mencegah jangan sampai Sekutu mengobel-obel sisa-sisa si kapal selam nahas itu, U-990 menghancurkannya dengan sebuah torpedo.
Dalam operasi penyelamatan tersebut, U-276 kehilangan 3 orang awaknya yang tewas terkena serangan udara musuh. Posisi tenggelamnya U-476 : 65.08 N 04.54 E
Tipe : VII C
Mesin : 2800-3200 UpM 750 HP
Kecepatan : max 17,7 Knot
Bahan Bakar : Diesel 113.5 t
Kapten : Oberleutnant zur See Otto Nietmann.
Sumber :
www.laud.no
www.alifrafikkhan.blogspot.com